Rabu, 02 November 2011

resensi film AADC

Ada Apa dengan Cinta?



Sutradara Rudy Soedjarwo

Produser Mira Lesmana
Riri Riza

Penulis Jujur Prananto
Prima Rusdi
Rako Prijanto

Pemeran Dian Sastrowardoyo
Nicholas Saputra
Titi Kamal
Ladya Cherill
Sissy Priscillia
Adinia Wirasti
Dennis Adhiswara
Mang Diman

Musik oleh Anto Hoed
Melly Goeslaw

Distributor Miles Productions

Durasi 112 menit
Anggaran Rp 4 milyar (perk.)

Penghargaan
Festival Film Indonesia 2004

• Sutradara Terbaik : Rudi Soedjarwo
• Pemeran Wanita Terbaik : Dian Sastrowardoyo
• Tata Musik Terbaik : Anto Hoed dan Melly Goeslaw

Ada Apa dengan Cinta? (bahasa Inggris: What's Up with Love?, bahasa Jepang: Ganbare, Ai dan Beautiful Days) adalah sebuah film Indonesia karya Rudi Soedjarwo yang diluncurkan pada 8 Februari 2002 (5 hari sebelum Imlek) dan dibintangi Nicholas Saputra dan Dian Sastrowardoyo.
Film ini meraih sukses besar di Indonesia, dan bersama film Petualangan Sherina (2000), menandai kebangkitan kembali dunia perfilman Indonesia. Ada Apa dengan Cinta ditayangkan di berbagai negara, termasuk Malaysia dan Jepang.

Sinopsis
Bertemakan cinta di masa-masa SMA, Ada Apa dengan Cinta menampilkan Cinta (Dian Sastrowardoyo) sebagai seorang pelajar SMA. Ia langganan juara lomba puisi di sekolahnya yang rutin diadakan tiap tahun. Cerita berawal dari Alya (Ladya Cherill) yang tubuhnya memar karena kerap dipukuli sang ayah yang kerap cek-cok dengan ibunya. Alya adalah sahabat karib Cinta dengan teman-temannya yang lain. Seperti Carmen (Adinia Wirasti), Maura (Titi Kamal), dan Milly (Sissy Priscillia).
Di sekolah, juara lomba puisi tahun ini akan diumumkan. Seluruh siswa yakin Cinta yang akan menjadi juara. Namun justru pemenangnya tahun ini adalah Rangga (Nicholas Saputra). Karena Cinta dan teman-temannya adalah pengurus mading sekolah, ia akan mewawancarai Rangga. Namun Rangga adalah tipe laki-laki pendiam, penyendiri dan "dingin". Saat Cinta berbicara dengan Rangga, ia melihat buku yang dipegang Rangga (buku AKU karya Syumandjaya). Lalu Cinta memberinya surat dan membuat Rangga emosi. Dan tanpa disengaja bukunya terjatuh. Cinta segera memungutnya. Dan membawa pulang buku itu untuk dibaca.
Cinta mengembalikan buku tersebut saat Rangga kebingungan mencarinya. Rangga pun berterima kasih pada Cinta. Semenjak itu mereka menjadi dekat. Rangga mengajak Cinta ke Kwitang, tempat ia membeli buku lama. Saat di Kwitang, Cinta teringat akan janji menonton konser bersama teman-temannya. Ia pun meninggalkan Rangga untuk menonton konser.
Pada suatu malam Rangga dan Cinta kencan di sebuah kafe. Namun sebelum Cinta berangkat, Alya menelepon untuk memintanya ke rumah. Namun Cinta berbohong bahwa ia akan pergi ke rumah sakit. Akhirnya Cinta pergi bersama Rangga. Di sana Cinta menyanyikan lagu yang dibuat dari puisi Rangga. Saat Cinta pulang, mama Cinta akan pergi menjenguk Alya di rumah sakit karena mencoba bunuh diri. Cinta menjadi sangat menyesal.
Keesokan harinya, Rangga menyapa Cinta. Namun Cinta justru berkata ketus agar Rangga tidak mendekatinya lagi. Rangga pun sepakat bahwa ia akan menjauh dari Cinta. Saat di rumah sakit Cinta berterus-terang pada Alya bahwa ia berbohong dan Alya pun tahu bahwa Cinta kencan dengan Rangga. Cinta tidak tahu bahwa saat ia berkata jujur, teman-temannya yang lain ada dibelakangnya. Cinta juga meminta maaf kepada teman-temennya yang lain.
Rangga yang saat itu akan berencana pindah sekolah ke Amerika Serikat, mencoba menelepon Cinta untuk berpamitan. Namun Cinta justru tetap menjauh dari Rangga. Carmen yang saat itu sedang latihan basket melihat Rangga berpamitan pada Pak Wardiman, sang penjaga sekolah. Ia pun segera memberitahukan teman-temannya.
Cinta yang menyadari cinta sejatinya itu, segera menyusul ke bandara. Namun mobil Milly terjepit mobil lain. Mereka meminjam mobil Mamet (Dennis Adhiswara). Di sana Cinta bertemu dengan Rangga. Ia meminta Rangga untuk membatalkan niatnya sekolah di luar negeri. Namun Rangga tetap pergi meninggalkan Cinta-nya. Ia memberi Cinta buku yang pada halaman terakhirnya terdapat puisi Rangga yang berjudul "Ada Apa dengan Cinta?". Rangga berjanji akan kembali di saat bulan purnama tiba.
Karakter
Peran Diperankan oleh Karakter
Cinta Dian Sastrowardoyo
Siswi SMU yang cantik. Memiliki 4 sahabat dekat. Ia selalu menjuarai lomba puisi disekolahnya.
Rangga Nicholas Saputra
Laki-laki yang pendiam, cenderung dingin. Menyukai buku sastra lama.
Alya Ladya Cherill
Sahabat Cinta yang berasal dari keluarga berantakan. Saat ia mencoba bunuh diri, ayahnya meminta maaf, namun sang ibu memutuskan untuk berpisah dari sang ayah.
Carmen Adinia Wirasti
Perempuan tomboy. Ia sangat perhatian pada teman-temannya. Hobi sekali bermain bola basket.
Maura Titi Kamal
Sahabat Cinta yang cantik dan agak centil.
Milly Sissy Priscillia
Sahabat Cinta yang polos, lugu, dan agak lemot. Tingkahnya selalu mengundang tawa.
Borne Fabian Ricardo
Siswa yang menyukai Cinta. Saat ia melihat Rangga dekat dengan Cinta, ia terbakar api cemburu. Ia dan teman-temannya segera mengeroyok Rangga.
Mamet Dennis Adhiswara
Laki-laki yang juga mencintai Cinta. Sifatnya yang polos cenderung culun, membuat ia kerap diusili temannya.
Pak Wardiman Mang Diman
Penjaga sekolah yang dekat dengan Rangga. Ia yang mengirimakan puisi yang dibuat Rangga.


Lokasi Shooting
Lokasi sekolah mengambil lokasi di SMA Gonzaga di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan. Rudi Soedjarwo adalah alumni Gonzaga, begitu juga Dennis Adhiswara (pemeran Mamet), dan para figuran yang jumlahnya sekitar 100-an orang.
Alasan memilih sekolah ini sebenarnya hanya karena alasan teknis. Pertama, karena fisik gedungnya yang menarik. Kedua, ruangan-ruangannya cukup besar, karena kru film perlu meletakkan banyak peralatan. Kemudian pihak sekolah juga partisipatif dan kooperatif. Singkatnya, tidak sulit ketika mengurus perijinan. Terakhir, lokasinya dekat dengan kantor Miles yang ada di daerah Cipete.
Album
Ost. Ada Apa dengan Cinta?


Album studio oleh Melly Goeslaw

Dirilis 2002

Genre
Pop
Label
Aquarius Musikindo

Produser
Anto Hoed

Kronologi Melly Goeslaw

Melly
(1999) Ost. Ada Apa dengan Cinta?
(2002) Ost. Eiffel I'm in Love
(2003)


Singel dari album Ada Apa Dengan Cinta ?

1. "Ada Apa Dengan Cinta ? (Ft. Erick)"
2. "Ingin mencintai dan dicintai"
3. "Bimbang"
4. "Ku Bahagia"

Ost. Ada Apa dengan Cinta? album lagu tema film 2002, Ada Apa dengan Cinta? yang dibintangi oleh Dian Sastro dan Nicholas Saputra yang dinyanyikan oleh Melly Goeslaw. Namun untuk hits singel dalam lagu yang berjudul sama, Ada Apa dengan Cinta? dinyanyikan Melly berduet dengan Erick, penyanyi pendatang baru. Namun tidak semua lagu dinyanyikan oleh Melly, seperti lagu Tentang Seseorang,walau diciptakan oleh Melly, tetapi dinyanyikan oleh Anda "Bunga". Soundtrack film ini diproduseri oleh Melly Goeslaw dan Anto Hoed.
Daftar lagu
• "Ku Bahagia" (Syamsu, Melly Goeslaw)
• "Suara Hati Seorang Kekasih" (Anto Hoed, Melly Goeslaw)
• "Trully, Madly, Deeply Hate You" (Muhammad Nur Syamsu Pasuruan, Melly Goeslaw)
• "Dimana Malumu" (Anto Hoed, Melly Goeslaw)
• "Ada Apa Dengan Cinta?" (duet dengan Erick) (Anto Hoed, Melly Goeslaw)
• "Bimbang" (Anto Hoed, Melly Goeslaw)
• "Ingin Mencintai & Dicintai" (Anto Hoed, Melly Goeslaw)
• "Hanya" (Anto Hoed, Melly Goeslaw)
• "Tentang Seseorang" - Anda "Bunga" (Anto Hoed, Melly Goeslaw)
• "Denting" (Anto Hoed, Melly Goeslaw)
• "Demikianlah" (Anto Hoed, Melly Goeslaw)
Kelebihan dari film AADC
Kelebihan dari film ini menurut saya yaitu film ini merupakan film romantis yang pertama yang sampai sekarang tetap mengena di hati para penikmat film, dan film ini juga dimainkan oleh para remaja yang baru di dunia perfilman, selain itu karena film ini banyak di sukai oleh masyarakat sehingga film ini di buat kembali dalam bentuk sinetron. Dan film ini juga masuk dalam Festival Film Indonesia ( FFI ), dan memenangkan berbagai kategori, diantaranya :
• Sutradara Terbaik : Rudi Soedjarwo
• Pemeran Wanita Terbaik : Dian Sastrowardoyo
• Tata Musik Terbaik : Anto Hoed dan Melly Goeslaw


SUMBER : wikipedia.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar